Pradesain Istana Negara

Tahun lalu, Kementerian PUPR mengundang beberapa arsitek dan seniman untuk memberikan masukan dan gagasan mengenai bangunan ikonik di ibu kota negara yang baru.
Sejumlah usulan pun masuk. Salah satunya adalah pradesain Istana Negara karya seniman patung kenamaan Nyoman Nuarta ini. Usulan beliau sarat dengan filosofi lambang Burung Garuda sebagai pemersatu bangsa sesuai semboyan Bhinneka Tunggal Ika.
Usulan ini, sekali lagi, masih pada tahap pradesain. Karena itu, saya sangat mengharapkan masukan dari bapak, ibu, dan saudara-saudara semua tentang pradesain Istana Negara ini. Saya menginginkan Istana Negara tidak hanya dikenang sebagai tempat Presiden bekerja atau menjadi simbol kebanggaan bangsa, tapi juga mencerminkan kemajuan bangsa.
Dengan masukan-masukan itu nantinya, saya akan mengundang kembali para arsitek dan para ahli lainnya untuk melakukan pengkayaan pradesain menjadi basic desain Istana Negara.

Komentar

  • Alvin Ceng
    Alvin Ceng19 menit yang lalu

    Indonesia X Wakanda

  • Animeside
    AnimesideJam Yang lalu

    Desain kotanya bagus bgt, tetapi kalau desain Istana Negaranya. Enggak deh, keliatan kaku dan monoton gak cocok ama design kotanya. Kalau nanti disandingkan dg design kota malah keliatan kuno sendiri.

  • Sandi Kurniawan
    Sandi KurniawanJam Yang lalu

    Kalau kayak gitu jadi nggak serasa di Indonesia lagi soalnya itu mewah banget

  • Sandi Kurniawan
    Sandi KurniawanJam Yang lalu

    Waaaaaaaw mantap sekali

  • Mikhail מיכאיל
    Mikhail מיכאילJam Yang lalu

    Tolong Pak Jokowi agar pusat perbelanjaan atau cafe jangan sampe ada dalam raidus 50km. Cukup sediakan kantin pake cctv aja. Supaya nantinya staff ASN ga bolos dan fokus kerja.

  • Mustopa Junior
    Mustopa Junior3 jam yang lalu

    Baguss banget pak nuansa alamnya masih ada

  • Isnan Ahsanul A
    Isnan Ahsanul A4 jam yang lalu

    Tinggal rakyat nya aja

  • Cinta Pohonku
    Cinta Pohonku4 jam yang lalu

    Semoga senantiasa dilancarkan 🙏

  • bim1
    bim16 jam yang lalu

    pak jokowi reaction vidio nya ecko show🙏

  • Wildan Ardiansyah
    Wildan Ardiansyah6 jam yang lalu

    Kyk the sim city Keren

  • Lintang _
    Lintang _7 jam yang lalu

    Yg kutakutkan adalah adanya pendatang dari daerah lain secara besar-besaran, takutnya nanti krna gak sukses di ibukota baru malah jdi kriminal. Yg sya rasakan selama ini Kalimantan rendah tingkat kriminal

  • Ihsan Kamil

    Ihsan Kamil

    6 jam yang lalu

    tapi kebanyakan kasus kriminal disini kebanyakan orang luar (jakarta/jabar) yg mau cari kerja disni tp gk mampu bersaing akhirnya nganggur dan jadi kriminal.

  • yuptra
    yuptra8 jam yang lalu

    Hah gmna mau maju uang negara aja habis dimakan tikus:v,

  • hilihkhintil
    hilihkhintil9 jam yang lalu

    semoga terwujud, karena negara barat saja cuma mampu diwujudkan di film black panther

  • Republic of East Pakistan
    Republic of East Pakistan9 jam yang lalu

    Naive banget lo wi. Urusin dulu tuh high speed rel ama cina.

  • Ari Shandi
    Ari Shandi10 jam yang lalu

    Pak jangan lupa.. .masih banyak rakyat yg blm punya tempat bernaung. Msh banyak rakyat yg makan pun susah. Jangan berlebihan anggaran utk membangun ibukota baru 😂

  • Ari Shandi

    Ari Shandi

    5 jam yang lalu

    @Ihsan Kamil saya ga kerja. Saya cuma usaha kecil2an. Mungkin situ yg belum kerja? Atau ngemis?

  • Ihsan Kamil

    Ihsan Kamil

    6 jam yang lalu

    kerja!!! jgn kebanyakan ngemis

  • Susinta Agmelika
    Susinta Agmelika10 jam yang lalu

    Kerennn bgttt

  • Raivan islami
    Raivan islami10 jam yang lalu

    Emang punya duit?

  • Fachreizy Umar Fahmi
    Fachreizy Umar Fahmi11 jam yang lalu

    Palangkaraya

  • Nuha Zain
    Nuha Zain12 jam yang lalu

    Bapak presiden ku ,cuma 1 lagi permintaan dari rakyat biasa ,tolong buat UUD untuk koruptor lebih di kaji lagi ,semisalnya hukuman mati ,agar Indonesia benar2 bersih dri koruptor ,negara kita kaya pak ,kelak anak2 cucu nnti tidak sengsara seperti jalan2 sblumnya ,love presiden ku❤️❤️

  • sopan kh begitu?
    sopan kh begitu?15 jam yang lalu

    Kang Korupsi Tersenyum. Dapet proyek baru 🤣😂

  • Fahmi Yusuf
    Fahmi Yusuf18 jam yang lalu

    Mntap

  • Ahmad Humaidi
    Ahmad Humaidi18 jam yang lalu

    Semoga saat pembangunan sungai d sana tidak tercemar

  • Sol Khan
    Sol Khan19 jam yang lalu

    Oh

  • DaraAthallah Chanel
    DaraAthallah Chanel19 jam yang lalu

    Mantap

  • stronger man
    stronger man19 jam yang lalu

    Terlalu mewah , takutnya ketika gempa langsung ambruk semua

  • ilsy fiorellia berlian
    ilsy fiorellia berlian19 jam yang lalu

    keren sekali epribadi

  • Adipati Manggala
    Adipati Manggala19 jam yang lalu

    Insa allah saya nanti yg nempatin

  • Muhammad Emir
    Muhammad Emir19 jam yang lalu

    Wakanda forevahhhhh

  • K
    K20 jam yang lalu

    Nah yang ini baru keren 😍😍

  • Jejak Tokek
    Jejak Tokek20 jam yang lalu

    Mantap pak

  • Narjan Saifudin
    Narjan Saifudin20 jam yang lalu

    Semoga terwujuddd.. kami menunggu pak jokowi

  • Narjan Saifudin
    Narjan Saifudin20 jam yang lalu

    Keren banget asli

  • Hajjah Jumroh
    Hajjah Jumroh21 jam yang lalu

    Semoga bisa segera terwujud dan dapat ridho Allah yg maha kuasa Aamiin

  • janur kuning
    janur kuning21 jam yang lalu

    Sebelum janur kuning melengkung, Majulah kamu, melangkah lebih maju

  • Azvega Syahrilla Sazolla
    Azvega Syahrilla Sazolla21 jam yang lalu

    Tau rasa manchuria

  • Azvega Syahrilla Sazolla
    Azvega Syahrilla Sazolla21 jam yang lalu

    Minta dibully ini gelar profesor banyak

  • Azvega Syahrilla Sazolla
    Azvega Syahrilla Sazolla21 jam yang lalu

    Tambahin Fairmont ahahah

  • andray citra
    andray citra21 jam yang lalu

    Kereennn pak👍👍

  • Game Terupdate
    Game Terupdate21 jam yang lalu

    Semoga terereujud dengan sempurna walaupun saya tidak dukung bapak saat pilkada saya tetap dukung mau pemimpin nya siapa kalo untuk kemajuan Indonesia saya dukung pak

  • Azkha Adrera
    Azkha Adrera22 jam yang lalu

    GG bang

  • awan hitam awan
    awan hitam awan22 jam yang lalu

    Percuma istana megah..tapi di dalamnya tidak ada mesjidnya..karena orang islam sholat 5 waktu itu penting harus ada

  • Aprilia Debi
    Aprilia Debi22 jam yang lalu

    Pak, saya mau kasih saran, inikan temanya alam, juga ada patung garuda pancasila dan ada rumah rumah adat yang di bangun sebagai simbol beragam indonesia, nah kenapa tidak bapa tambahkan simbol 6 masing masing patung Agama di daerah istana baru, sehingga lebih juga kelihatan nyata dan adil kelihatannya pak. Makasih.

  • arbainyonanwar
    arbainyonanwar22 jam yang lalu

    Merasa bangga sebagai warga kaltim, tepat nya Kab. Paser.

  • Arif Reza
    Arif Reza22 jam yang lalu

    Kalimantan kapan dapat kerjaan di sana ya?..salam kuli proyek

  • ZAWW FF
    ZAWW FF22 jam yang lalu

    EPIC SIH KALO BENERAN JADI MANTAP INDONESIA MAKIN BERKEMBANG

  • Bamz Melodic
    Bamz Melodic23 jam yang lalu

    Jossss

  • Halim millah
    Halim millah23 jam yang lalu

    Semoga aja gak nambah beban utang cucu penerus bangsa ini

  • Rian Indra Novasagita
    Rian Indra Novasagita23 jam yang lalu

    keren ada plaza Bhineka Tunggal Ika mantapppp sekaliiii ibukota baru

  • Regaza
    Regaza23 jam yang lalu

    Sukses buat pembangunannya, keren pak 😍

  • Khansa 22148
    Khansa 2214823 jam yang lalu

    Smoga warga negara Indonesia jg menjaga kebersihan, walaupun desain nya kyk bgini tp klo masyarakat nya buang sampah sembarangan tetep aja jelek dilihat.

  • Salman Albar
    Salman AlbarHari Yang lalu

    Ini bakalan jadi kapan pakde jokowi

  • Ferdianto Family
    Ferdianto FamilyHari Yang lalu

    keren...semoga lekas terwujud

  • Waldan syafiq firdaus
    Waldan syafiq firdausHari Yang lalu

    Pak itu ibu kota baru di gunakan tahun 2024 ko blm ada pembangunan dri skrang pak jokowi ayo pak jokowi lakukan skrng pemindahan nya tunggu apa lg pak mudahan dngan pemindahan ekonomi ini masyarakat kaltim meningkatkan ekonomi pak ❤️❤️❤️❤️❤️ pak presiden pak jokowi kami sayang sama bapak mudahan slalu di jaga kesehatan nya amin slalu di lindungi keluarga ny amin

  • Yoghi Martino Yulian
    Yoghi Martino YulianHari Yang lalu

    Kompleks istana negaranya terlalu penuh sesak, Pak. Kesan monumentalnya jadi kurang dinamis.

  • Bocah ndeso
    Bocah ndesoHari Yang lalu

    INDONESIA semakin Keren,😍

  • Summer Finn
    Summer FinnHari Yang lalu

    Overall bagus sih, tapi kyny lebih baik bangunan bersayapnya itu ada kepala garudanya, terus kantor presidennya di kepala garudanya itu, matanya tuh kaca tembus pandang #wish

  • Randi B
    Randi BHari Yang lalu

    Jangan kau zholimi ulama jokodokk

  • Randi B
    Randi BHari Yang lalu

    Yang bikin maju Jakarta tuh gubernur nya bukan kau pak🙏

  • Bratasena Arkaan

    Bratasena Arkaan

    Hari Yang lalu

    Lawak? 2 2 nya bikin maju

  • Hacene Selloum
    Hacene SelloumHari Yang lalu

    Ces catastrophes punition d' ALLAH président Joko Widodo d'appliquer la charia islamique 9.4.2021 pour éviter les inondations cyclone les tornades les forts séismes séisme plus 7 tsunami volcan meteor incendie Covid-19 les virus en Indonésie.

  • Nime All
    Nime AllHari Yang lalu

    Keren semoga cepat terlaksana

  • Satrya Dwi
    Satrya DwiHari Yang lalu

    Pradesainnya saja sudah sebagus ini. Apalagi kalo bangunan ini asli ada. Saya yakin, masyarakat indonesia benar-benar bangga dan menyukai hal ini. Semoga usulan ini benar-benar terlaksana.

  • Jack Habits
    Jack HabitsHari Yang lalu

    Semoga aku bisa menyasikan kenyataan ini

  • Grisillda Ilona Sitepu
    Grisillda Ilona SitepuHari Yang lalu

    awal saya melihat bangunan burung Garuda saya fikir itu bukan sayap, tidak kelihatan seperti sayap sehingga kurang menonjolkan bahwa bangunan tersebut adalah visualisasi seekor burung, mungkin bisa lebih dikepakkan lagi sayapnya. Atau mungkin karna ini hanya sebuah visualisasi sehingga masih belum bisa dibayangkan aslinya seperti apa, namun saya rasa seperti itu😅😁

  • Endang Rahayu
    Endang RahayuHari Yang lalu

    Bersama kuli membangun negri

  • Nabil Farras T
    Nabil Farras THari Yang lalu

    Gengsi doang gede, rakyatnya dibiarin.

  • ily 3thousand
    ily 3thousandHari Yang lalu

    cool! semoga lancar progressnya ❤️

  • hewo arraya iwmnidha
    hewo arraya iwmnidhaHari Yang lalu

    indah😇

  • tommy iriawan
    tommy iriawanHari Yang lalu

    Wow keren kekinian desain nya

  • AMM chanel 77
    AMM chanel 77Hari Yang lalu

    Permisi maaf disini saya mau minta tolong saya ga minta uang kalian saya cuma minta sub dari kalian terimakasih semoga yg sudah membantu memberikan rejeki yg banyak amin😍🥰😘

  • Imel rachmi
    Imel rachmiHari Yang lalu

    Wow 😱😱😱 berasa di luar negeri di Singapura desain gedungnya... Bagus bgt... Semoga akses bisa masuk masyarakat dan bisa lihat keindahan bangunan + bisa terwujud...amin 🤲🤲🤲🤲 semoga banyak lowongan pekerjaan di ibukota baru

  • DUTA print
    DUTA printHari Yang lalu

    kerreeeeennnn bingits

  • Hasim Muntasir
    Hasim MuntasirHari Yang lalu

    Ekspektasi 👍

  • Meliana D20
    Meliana D20Hari Yang lalu

    Gila ini bagus banget sih 😭😭😭❤️👍

  • HanzzTv
    HanzzTvHari Yang lalu

    Kyk di wakanda pak

  • 12_Luh Kadek Anisa Ayu Dwiyanti
    12_Luh Kadek Anisa Ayu DwiyantiHari Yang lalu

    Mungkin kalo korupsi tidak ada, indonesia sudah maju dari dulu! ... sy yakin, indonesia bakal jadi negara yang paling berpengaruh kedepannya....

  • Zealf
    ZealfHari Yang lalu

    Udah kayak FANTASY WORLD aja nihh

  • SHINOBIXZ
    SHINOBIXZHari Yang lalu

    Yang sy takutkan di ibukota baru ini nanti adalah rusak akibat orang indo yang tdk bertanggung jawab seperti; tdk menjaga lingkungan, dan membuat grafitty ditembok temboknya

  • ilham al faqih
    ilham al faqihHari Yang lalu

    rumah rakyat banyak yang mau roboh pak

  • imam adi
    imam adiHari Yang lalu

    Semakga bisa jadi seperti pak Jokowi

  • Frederikus Parhusip Official
    Frederikus Parhusip OfficialHari Yang lalu

    Bagus sih yg Istana Presidennya kiran nantinya ikon Garudanya yg di jadikan istana, ternyata hanya gerbang saja, dibelakangnya banguna Istana nnya 👍👍

  • Akhil Azi
    Akhil AziHari Yang lalu

    Dah diem arsitex nya gua itu

  • Kintenk Chanel
    Kintenk ChanelHari Yang lalu

    Luar biasa pak jokowi Semoga sehat selalu pak🙏

  • derry giantara
    derry giantaraHari Yang lalu

    Indah sekali...Alhamdulillah, semoga adalah terindah di seluruh Jagat ini...

  • Azazel Story
    Azazel StoryHari Yang lalu

    Ayolah pak realisasikan jakarta udah berat beban nya, solusi terbaik emang pindah ibukota.

  • Jihan Kintan Nurcholis
    Jihan Kintan NurcholisHari Yang lalu

    Rakyat yang Banting Tulang, Kepala Negara nya yang menikmati. Indah sekali negeri ku 🤗

  • Aura _

    Aura _

    5 jam yang lalu

    Tanpa kepala negara ini negara acak-acakan.

  • Bratasena Arkaan

    Bratasena Arkaan

    Hari Yang lalu

    Kepala negara yang kerja, netizen yang bacot. Indah sekali negeri ku 🤗

  • Mister Potato
    Mister PotatoHari Yang lalu

    semoga anggarannya tidak dikorupsi ya pak

  • 인도네시아 친구Indonesia Chingu
    인도네시아 친구Indonesia ChinguHari Yang lalu

    Tolong jalan raya dan trotoar dibikin lebar. Rata-rata kota di Indonesia ini udah macet parah, parkir ngetem sembarangan, jalan mau diperlebar sudah kena bangunan.

  • Sisi Cerah
    Sisi CerahHari Yang lalu

    Oh ini ibukota Tiongkok cabang Kalimantan ya

  • Wllmndv
    WllmndvHari Yang lalu

    Ini yang nanti mau di bikin di Kalimantan?????

  • Fam Z
    Fam ZHari Yang lalu

    klau memang ibu kota pindah ke kalimantan. saya cuman pengen bilang jangan buang sampah sembarangan. tahu sendiri lah akibatnya jika smpah di buang sembarangan.!.

  • Rajul
    RajulHari Yang lalu

    Jangan ada korupsi,jadikan ibukota baru ini sebagai temat ramah lingkungan dan pejalan kaki

  • FAKERS INDONESIA
    FAKERS INDONESIAHari Yang lalu

    Bayar hoetangnya kapan😆😆😆

  • Muklis
    MuklisHari Yang lalu

    Semoga setiap bangunan bisa bermanfaat semua

  • Aceng Maptuh
    Aceng MaptuhHari Yang lalu

    Cepat jadiin dong, bosen di jkt penat. Kali2 bs liburan ke ibu kota yg asri❤❤

  • Frizzx_ • 5 tahun lalu
    Frizzx_ • 5 tahun laluHari Yang lalu

    Gudd

  • Muchammad Sho.
    Muchammad Sho.Hari Yang lalu

    .sipil e mumet iki

  • Christoper Oslan
    Christoper OslanHari Yang lalu

    Bagus Tapi harusnya sekarang fokusin corona dulu dong Baru nanti kalo udah beres semua baru bangun kayak ginian

  • Ntsha sijeunie

    Ntsha sijeunie

    Hari Yang lalu

    Ini kan masih Predesign, ya berarti masih di rencanakan dong, bukan berarti di laksanakannya sekarang.

  • Henry Iluvitar
    Henry IluvitarHari Yang lalu

    Serasa Singapore alternatif 😭

  • Rayfel.S Pramito
    Rayfel.S PramitoHari Yang lalu

    Monasnya pak

  • A.Avatara Maklin
    A.Avatara MaklinHari Yang lalu

    Semangat pakkk buatnyaa semoga gk ada yg korupsiin ya pak

Berikutnya