Mengapa Awak KRI Nanggala-402 Tak Keluar Selamatkan Diri Saat Tenggelam?

JAKARTA, KOMPAS.TV - Duka yang sangat mendalam dirasakan kita semua atas kepergian para pejuang laut awak KRI Nanggala-402. Panglima TNI memberi kepastian seluruh awak KRI Nanggala-402 gugur.

"Berdasarkan bukti-bukti otentik tersebut, dapat dinyatakan, bahwa KRI Nanggala-402 telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur," ucap Panglima TNI pada konferensi pers Minggu, 25 April 2021.

Kapal Selam KRI Nanggala-402 yang tenggelam di kedalaman 838 meter ini pun membuat kecil kemungkinan para awak KRI dapat diselamatkan.

Orang awam mungkin berpikir, ketika terjadi kecelakaan dan saat hilang kontak, mengapa para awak KRI tak langsung menyelamatkan diri saja dan berenang menuju permukaan laut.

Namun, kenyataannya tak sesimpel dan semudah itu untuk menyelamatkan diri bagi para awak Kapal Selam KRI Nanggala-402.

Jika awak kapal membuka pintu kapal selam pada kedalaman tersebut, air akan memasuki kapal dengan sangat cepat dan membanjiri kapal dalam hitungan detik.

Dilansir dari Kompas.com, Schmidt Ocean Institute menyatakan air di kedalaman 850 meter tidak seperti yang kita rasakan di kolam renang.

Tekanan hidrostatis air meningkat sebanyak 1 atm setiap kedalaman 10 meter. Jika tekanan di udara adalah 1 atm, maka tekanan di kedalaman 850 meter adalah 85 atm. Sementara manusia hanya bisa bertahan pada tekanan sekitar 3 hingga 4 atm.

Berenang dalam air laut di kedalaman 850 adalah hal yang tidak mungkin bagi manusia, rasanya mungkin akan sama seperti dinjak 100 ekor gajah di kepala.

Saat air masuk ke kapal selam, kurang dari hitungan detik gendang telinga akan pecah, paru-paru akan termampatkan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa lalu pecah, selanjutkan akan diikuti oleh pembuluh darah dan organ seluruh tubuh yang ikut hancur.

Sehingga membuka pintu kapal selam dan berenang keluar adalah hal yang mustahil di kedalaman 700 hingga 850 meter, kecuali kapal selam tersebut masih berada di kedalaman dangkal.

Video Editor: Novaltri Sarelpa
Video Grafis: Agus Ilyas

Komentar

  • SulthanPlayzz  ✔
    SulthanPlayzz ✔ 24 hari yang lalu

    Karena kan dia tenggelamnya dalem dan tidak bisa nafas

  • Wayan Parwati
    Wayan Parwati29 hari yang lalu

    Bagus

  • Dean Marco
    Dean MarcoBulan Yang lalu

    Pertanyaan yg bodoh. Kedlmam 850 meter utk anak buah menyelamatkan diri.

  • BIAWAK NOOB
    BIAWAK NOOBBulan Yang lalu

    Hmmmm...kok bisa tenggelam, kapal tdk siap menyelam atau awak kapal yg amatiran, masa kalah sama arus laut, kapal perang ini woyyy belum ditembak sdh hancur jadi 3 bagian dihajar sama arus laut gimana kalo dihajar torpedo jd 100 bagian mungkin, kapal macam apa ini😂😂😂namanya saja kapal selam tp kalah sama air...hhh tp wajar sih kalo indo, pesawat saja banyak yg jatu atau hilang🥱🥱🥱

  • LEXZUS 3310
    LEXZUS 3310Bulan Yang lalu

    Pendapat saya setiap kapal selam harus ada ruang darurat yang kedap air dan bisa timbul apabila kapal menglami kecelakaan ape pun saya turut berdukacita atas tengelamnya KRI NANGALA 402 al-fatihah🇲🇾

  • Sanju
    SanjuBulan Yang lalu

    Setiap kali nonton berita KRI Nanggala hatiku terasa hancur,mudah mudahan ada keajaiban walau telah dinyatakan semua gugur.

  • Sanju
    SanjuBulan Yang lalu

    Terasa sesak dada ini setiap nonton KRI Nanggala 402,Krn sy punya anak laki-laki dan adik laki-laki yg bercita cita jd AL.

  • NANA ANGEL
    NANA ANGELBulan Yang lalu

    y Allah semoga Beliau² Husnul Khotimah masuk Syurga tanpa Hisab Amiin y Allah

  • Van Halim
    Van HalimBulan Yang lalu

    Entah kenapa latihan perang di bulan puasa... Kalau latihan langsung kirim ke Papua enak... Ini gak...

  • As Ty
    As TyBulan Yang lalu

    Mendengar yg membacakan penjelasan dengan suara yg terdengar sedih, membuat kita juga sedih.😭😭

  • Neneng Putri
    Neneng PutriBulan Yang lalu

    Ha kapal ini di katakan sudah tidak mampu nyelam di kedalaman 400m mlah nyelam di kedalaman 800m

  • Yuliawati Tundunaung
    Yuliawati TundunaungBulan Yang lalu

    Tadinya berpikir bgtu tp dpt jawaban.bnr mmng tknn air LBH kuat dr tng kita dlm bbrp detik paru2 telinga dll pst pecah .. kdg aku berpikir knp kpl GK timbul aja ke atas pas SDH mulai darurat tp itu pikiran sy SJ semua terjawab jg

  • Steven Lee
    Steven LeeBulan Yang lalu

    I am appalled at the very caption of this vid, that I just have to comment (not watching at all). Editor-in-chief should really look into approving this type of video.

  • Rudy CN
    Rudy CNBulan Yang lalu

    Lempar batu sembunyi tangan

  • Andini Risma
    Andini RismaBulan Yang lalu

    Ya Allah semoga Gugur dlm Khusnul khatimah amin3x

  • Lena Aidina
    Lena AidinaBulan Yang lalu

    Buy

  • Warga Setempat
    Warga SetempatBulan Yang lalu

    Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankannya, semoga berkah & dosa-dosa kita diampuni-Nya.

  • Rahma Yati
    Rahma YatiBulan Yang lalu

    Mereka kehilangan kontak dikedalaman berapa klo boleh tau

  • Muhammad Naufal
    Muhammad NaufalBulan Yang lalu

    Yg jdi juru bicara nangis dlm hati

  • ZISAN Zero
    ZISAN ZeroBulan Yang lalu

    Kondisi dalam lautan sma dgn keadaannya di angkasa lepas... Tekanan nya sngat kuat utk manusia hadapi tanpa kenderaan kapal yg khusus... Ini juga merupakan salah satu ketentuan ciptaan Allah, Allah maha kuasa atas segala sesuatu, jika Allah izinkn mereka selamat maka boleh jdi akan selamat dan begitu juga sebaliknya andai ajal sudah tiba maka dia akan tiba menjemputmu...

  • Tutik Harsini
    Tutik HarsiniBulan Yang lalu

    Kenapa judul vidio seakan menyalahkan awak kapal nanggala 402, kan sangat kecil kemungkinan untuk selamatkan diri, karena lingkungan air laut yang akan menghancurkan diri sendiri

  • Anida Nur Khasanah
    Anida Nur KhasanahBulan Yang lalu

    Saya turut berdukacita

  • Rudi Hartono
    Rudi HartonoBulan Yang lalu

    selamat jalan pahlawan pejuang negara RI....engkau lah penghuni surganya Allah SWT ...semoga keluarganya di berikan ketabahan dan kesehatan dan anak para pahlawan dapat meneruskan pejuangan menjadi PERWIRA TNI AL....amin....dari kami polri khususnya BRIPKA RUDI HARTONO. SH agt Ditreskrimum Polda Kalbar

  • syamsuar syamsuar
    syamsuar syamsuarBulan Yang lalu

    Ngapain di bahas hal ginian,kasihan keluarga korban mendengar, bagaimana mereka menghadapi hal seperti itu..

  • Nana Sabattun
    Nana SabattunBulan Yang lalu

    Para suhada bangsa Indonesia..semoga. Allah..tetap menjaga..bangsa dan bumi Indonesia..amiiin..amiiin..🇮🇩🇮🇩🇮🇩

  • Ahmed Ibrahim

    Ahmed Ibrahim

    Bulan Yang lalu

    @Nana Sabattun ok awak dari mana?

  • Nana Sabattun

    Nana Sabattun

    Bulan Yang lalu

    @Ahmed Ibrahim 👍👍👍

  • Ahmed Ibrahim

    Ahmed Ibrahim

    Bulan Yang lalu

    @Nana Sabattun ok boleh kita berkawan?

  • Nana Sabattun

    Nana Sabattun

    Bulan Yang lalu

    @Ahmed Ibrahim wa alaikumussalaaam...warohmatullahi. Wa barokatuuh..romadhon penuh Rahmat..🙏🙏🙏

  • Ahmed Ibrahim

    Ahmed Ibrahim

    Bulan Yang lalu

    Assalamualaikum

  • Nima Dima
    Nima DimaBulan Yang lalu

    Ditembak sama drone china

  • Dandi Eka Pramudya
    Dandi Eka PramudyaBulan Yang lalu

    Ka reporter mencoba kuat dalam menyiarkan berita, suaranya seperti menahan tangis:)

  • GLNK 25
    GLNK 25Bulan Yang lalu

    Bagaimana kalo menggunakan tabung oksigen

  • Di murti
    Di murtiBulan Yang lalu

    Gimana mau selamatkan diri. Semuanya kan tertutup.

  • NBK gaming
    NBK gamingBulan Yang lalu

    Pnglima sial gnti aja

  • ADS channel
    ADS channelBulan Yang lalu

    Ada yg janggal pasti Ditembak kapal lain,,,pada pura2 gak tau atau ditutupi,,,kalo cuma rusak sendiri,,,pasti ada yg selamat karena yg didalam kapal kan sudah terlatih dan prajurit pilihan,,,teorinya kurang pas,,,yg benar dihancurkan kapal selam dari negara lain,,,ada yg ingin menguasai Indonesia,,,kami rakyat tidak bodoohhh,,,bung

  • Panji al jaisyul hurr
    Panji al jaisyul hurrBulan Yang lalu

    sya percaya di kedalaman laut 800m sangat mustahil orang bisa berenang... krn tekanan air yg bgtu kuat... kecuali ada baju khusus yg bisa menahan tekanan air laut... mudah2an ada teknologi terobosan terbaru yg bisa membuatnya.. dan seluruh korban adalah pahlawan bangsa yg pemberani...

  • Mamah Salamah
    Mamah SalamahBulan Yang lalu

    😇😇😇😭😭😭😭🥺🥺😰😥😢

  • •H A S A N T O•
    •H A S A N T O•Bulan Yang lalu

    Setiap pekerjaan ada resikonya, mereka sudah menyadari itu.

  • Din Bur
    Din BurBulan Yang lalu

    Anilisa tidak masul akal bos. Kalau kelua kapal kan setidak ya kita bisa berharap tu.

  • astria witami vandheli khan
    astria witami vandheli khanBulan Yang lalu

    Merinding dengarnya

  • Ahmed Ibrahim

    Ahmed Ibrahim

    Bulan Yang lalu

    Iya Allah akan menjadikan segalanya lebih baik dan senang boleh kita berkawan?

  • Rofi natural S.T.
    Rofi natural S.T.Bulan Yang lalu

    Yg mau saya tanya yaitu dimana mayat para awak kapal tersebut? Dilihat dari kondisi kapal yang terbelah 3 bagian bisa jadi masih byk yang utuh bagian2 dari mayatnya dikarenakan kecelakaan faktor internal kapal,,tetapi berbeda jikalau ada serangan dari luar kapal pasti hancur menjadi kepingan kecil2 dan mayat pun jelas hancur..keraguan tersebut membuat qu jadi bertanya2 yaitu where are the bodies of the crew?... Tak ada 1 pun mayat yang mengapung dan berserakan seperti kecelakaan pada umumnya.. sedang kan kecelakaan pesawat yang ketinggian beribu2 kaki jatuh dan meledak masih bisa ditemukan jasad maupun potongan tubuh jasadnya..

  • Yuniarti Zazi
    Yuniarti ZaziBulan Yang lalu

    reporternya membaca sambil terbata2 menahan tangis,,yaa Allah semoga mereka syahud dan ditempatkna disurgaMu

  • ical molonto77
    ical molonto77Bulan Yang lalu

    Hmm😞

  • [Aꜰɪ͟͞ꜰᴀʜ͟͞ ɴᴜʀ ꜰᴀɪ͟͞ᴢᴀʜ͟͞]
    [Aꜰɪ͟͞ꜰᴀʜ͟͞ ɴᴜʀ ꜰᴀɪ͟͞ᴢᴀʜ͟͞]Bulan Yang lalu

    :(

  • Alzaman Jack
    Alzaman JackBulan Yang lalu

    Sahid sahid sahid yaa allah pahlawan negara pejuang untuk istrinya semoga allah SWT memasukan ke syurga firdaus untuk para pahlawan negara pejuang istrinya 😇🤲🤲🤲🤲🤲

  • Nisa Anisa
    Nisa AnisaBulan Yang lalu

    samuga cepat ketemu ya kri nanggala 402

  • Syecha Baraas
    Syecha BaraasBulan Yang lalu

    COBAIN UNDANG MBK RARA PERAMAL DRI BALI,YG WAKTU ITU IKUT MELAKUKAN PENCARIAN SRIWIJAYA AIR,BIAR CEPET DI TEMUKAN KRU" NYA.. KASIAN BANGET SAMA KELUARGA NYA 😭😭🙏🙏

  • Ahmed Ibrahim

    Ahmed Ibrahim

    Bulan Yang lalu

    @Syecha Baraas +14704915471 chat me now

  • Ahmed Ibrahim

    Ahmed Ibrahim

    Bulan Yang lalu

    @Syecha Baraas ok ini nombor WhatsApp saya chat saya sekarang di WhatsApp okay.+14704915471

  • Ahmed Ibrahim

    Ahmed Ibrahim

    Bulan Yang lalu

    @Syecha Baraas ok maksud saya adakah saya harus menghantar nombor WhatsApp saya supaya anda boleh berbual dengan saya di WhatsApp?

  • Syecha Baraas

    Syecha Baraas

    Bulan Yang lalu

    @Ahmed Ibrahim apaan tuh berbual gaa ngerti w

  • Syecha Baraas

    Syecha Baraas

    Bulan Yang lalu

    @Ahmed Ibrahim gaa boleh sih wkwkwk

  • Arel Mira
    Arel MiraBulan Yang lalu

    Mitos

  • anom supriatna
    anom supriatnaBulan Yang lalu

    Masa itu bisa min yg berenang menyelamatkan jasad para pahlawan

  • Endang Purnama
    Endang PurnamaBulan Yang lalu

    Rest in peace 402...Semooga alm para penjaga NKRI di terima iman islamnnya oleh allah.swt

  • Rafka Andra
    Rafka AndraBulan Yang lalu

    YaAllah...semoga husnul khotimah. selamat bristirahat

  • Akhadiyat bimbim
    Akhadiyat bimbimBulan Yang lalu

    semoga kapal selam kita yg baru ada semacam kapsul penyelamat,dan semoga tidak pernah terjadi yg seperti ini, amiiiinnn.......

  • Kanah Zoya
    Kanah ZoyaBulan Yang lalu

    tenggelam terlalu dalam Dan berat siapa yang kuat angkat

  • Titu Tutu
    Titu TutuBulan Yang lalu

    MATI SIA-SIA TANPA ADANYA PERANG.. 😭😭😭

  • RED -HOOD
    RED -HOODBulan Yang lalu

    tni al kne cri kapal yg bole hasilkn anak kapal.mksudnya ade laluan pintu blkg.

  • Edie Nitiyudhawan
    Edie NitiyudhawanBulan Yang lalu

    Turut prihatin dan berduka cita atas musibah tersebut, kepada bapak panglima ABRI mohon untuk segera melakukan pemeriksaaan semua alutsista yg lainnya agar tidak terjadi musibah seperti ini lagi

  • reza rhama
    reza rhamaBulan Yang lalu

    kapal aja yg besi smpe hancur terbelah 3 saking kuatnya tekanan. apa lagi manusia yg cuma daging😰

  • Alice Anggreini
    Alice AnggreiniBulan Yang lalu

    Ya maklumlah asbun emang gampang. Smntr ga punya ilmunya.

  • demit joss
    demit jossBulan Yang lalu

    Penanganan lambat

  • Yunai Abon
    Yunai AbonBulan Yang lalu

    Yang bawa acara nangis ya?

  • Tonny Hendrawan
    Tonny HendrawanBulan Yang lalu

    Jika mulai rusak nya sudah di bawah kedalaman 183 MTR...maka baju penyokong kehidupan MK 11 (183 mtr) sudah tidak mampu berfungsi....siapa yg tau rusaknya di kedalaman brp?

  • Sueb ebs
    Sueb ebsBulan Yang lalu

    Mohon ..alfatihah..nya.buat korban2 yg terdahulu dan sekarang2 ini.

  • Sueb ebs
    Sueb ebsBulan Yang lalu

    gugur sih gugur tp ada perubahan kedepanya biar gk jadi korban terus prajuritnya.gak kapal perang kpl selam pesawat tmpur mesti diperhatikan .

  • Ayu Waringin
    Ayu WaringinBulan Yang lalu

    Kalau sudh tenggelam kan nggak bisa menyelamatkan diri, kecuali pas berangkat, langsung aja pakai baju pelampung masing2 awak,

  • Ahmed Ibrahim

    Ahmed Ibrahim

    Bulan Yang lalu

    Iya Allah akan menjadikan segalanya lebih baik dan senang boleh kita berkawan?

  • Shafiq Hafizi
    Shafiq HafiziBulan Yang lalu

    natang ape bodo ngkk erek cakap

  • Blue Bubbles
    Blue BubblesBulan Yang lalu

    Panglima tni ny cm ngmng gt aj lelet bgt, knp ya smua panglima tni, ketua polisi, dll. klo di berita lelet bgt jd bosen mau ntn berita

  • Pelangi Senja
    Pelangi SenjaBulan Yang lalu

    Tiada yg x ingin menyelamatkan diri ketika kecelakan tpi...mereka menyelamatkam diri ttapi bantuan lambat smpai......

  • •Diangkat dari Air•777
    •Diangkat dari Air•777Bulan Yang lalu

    berat submarine 402 = 1395 ton harga besi kapal bekas = 5,3jt/ton ± 7,4 Milyar ...lumayan itu ditelan Hantu Laut HA HA HA

  • Aguz Sprinter
    Aguz SprinterBulan Yang lalu

    Tahun yang buruk😭

  • Kurdiyan Gavin
    Kurdiyan GavinBulan Yang lalu

    Tidak bisa di bayangkan....semoga mereka damai n masuk surga semua amin

  • Nuts Sgn2018
    Nuts Sgn2018Bulan Yang lalu

    Alfatihah

  • Li 04
    Li 04Bulan Yang lalu

    Kalo gw yg ada disitu gw di buat jedag jedug gak ya?

  • Li 04
    Li 04Bulan Yang lalu

    Aku gak paham

  • Yuliawati wati
    Yuliawati watiBulan Yang lalu

    Yang jd pertanyaan, kalau gugur, apa ga ada satupun dari 53 awak nya yg ditemukan ??

  • Budi Hartono
    Budi HartonoBulan Yang lalu

    Ya allah...smg kau tempatkan awak kapl KRI nanggala 402 dlm syurgamu.... Dan keluarga yg ditinggalkan diberi ketabahan dan kesabaran... Amiinnn

  • Umi Salamah
    Umi SalamahBulan Yang lalu

    Ngerinya😭 setelah denger penjelasanya

  • Cho Ana
    Cho AnaBulan Yang lalu

    Ya Allah gak kebayang saat mereka sakaratul mautnya...😭😭😭

  • Rassya
    RassyaBulan Yang lalu

    53 awak mereka bukan gugur mereka hanya saja masih bertugas mengarungi lautan yg tiada henti untuk terus menjaga negri ini , hanya doa serta hormat buat para kru ke 53 yg ikhlas menjalankan tugasnya untuk negri ini,semoga untuk keluarga yg ditinggalkn diberi ketabahan

  • Kaitou Shela
    Kaitou ShelaBulan Yang lalu

    Dulu juga pernah kejadian kecelakaan saat latihan kapal selam... Gw lupa tahun berapa, waktu itu sempat di selamatkan awaknya. Tapi saat di selamatkan awak kapal sudah pada berdarah dan pecah gendang telinga... Gk tau berapa korban, dan apakah ada yg sembuh dan selamat, gk ngikutin dulu gw

  • Kasianto HME Expert
    Kasianto HME ExpertBulan Yang lalu

    Mohon.. kepada segenap pemegang kepentingan . Pelajari seluruh kemungkinan kemungkinan yang terjadi.. dan upgrade motode penyelamatan diri andai kata ini terjadi lgi.. dan cari tau juga apakah ada signal jammer ataupun radar blaster dari kapal2 selam terdekat. Yang menjadi salah satu penyebab nya.

  • lenarosa Rosa
    lenarosa RosaBulan Yang lalu

    Semoga Allah menempatkan para Arwah tersebut di surgaNYA Amin🙏 Dan semoga keluarga yg ditinggalkan diberi ketabahan dan kekuatan hati untuk menerima ujian ini .🙏🙏😥😥

  • Honey Badger
    Honey BadgerBulan Yang lalu

    Mengapa tidak dibuat bola apung yang diledakkan menggunakan remote control?

  • Nasyid Islami Aceh
    Nasyid Islami AcehBulan Yang lalu

    2:00 mbak nya lagi bawa berita nangis, ya allah😭😭😭😭

  • khusnal khatami
    khusnal khatamiBulan Yang lalu

    Terimakasih atas pengorbananmu menjaga NKRI, akan selalu kami kenang pengorbanan darimu di hati kami. al-Fatihah untuk Nanggala 402😇

  • Yayuk Iskandar
    Yayuk IskandarBulan Yang lalu

    Selamat jalan Pahlawanku...semoga anak ku kelak melanjutkan perjuanganmu.....untuk NKRI tercinta

  • Ocky Indra Gunawan
    Ocky Indra GunawanBulan Yang lalu

    Tidak menyelamatkan diri ? Tak semudah buat judul ferguso ...

  • Indo Arab Couple
    Indo Arab CoupleBulan Yang lalu

    Ini kan tenggelam dikedalaman yg manusia itu ga bs dive, kalau pun mereka coba keluar berenang ke atas itu ga mungkin lah ,paru2 dan otak bs keracunan dan Hancur . Astagfirullah :( Coba nonton underwater deh film Kristin steward 😣

  • Dede Putra
    Dede PutraBulan Yang lalu

    Kok bisa ya alat singapur pas bnget tau titik lokasi kapal 402 tenggelam

  • awi wisnu
    awi wisnuBulan Yang lalu

    Apa yah yg membuat kapal ini tenggelam ?

  • Adi Kurnia
    Adi KurniaBulan Yang lalu

    Selamatkan diri ? Mau lari kemana ? 800 meter lebih itu tekanan airnya serasa ditindih beban 1 ton lebih dari segala arah, keluar ya modar

  • Rawie channel
    Rawie channelBulan Yang lalu

    Jadi rindu p gatut nurmantyo..pasti beliau bisa mngatasi semua ini

  • Mama Sella91
    Mama Sella91Bulan Yang lalu

    kan bisa berenang krux

  • Julius Novachrono

    Julius Novachrono

    Bulan Yang lalu

    Bree Kalau Dah 100m Ke Bawah Yaudah Ga Punya Harapan

  • Mama Sella91
    Mama Sella91Bulan Yang lalu

    knp ngk bisa lolos😂

  • Mala Mala
    Mala MalaBulan Yang lalu

    Mereka merupakan pahlawan.Pahlawan yang bersemadi di Samudera! RIP

  • desy cristine
    desy cristineBulan Yang lalu

    Saya smpt berpikir knp tdk berenang saja?? Ternyata begitu ilmunya.. Sedih bgt dgr penjelasannya..

  • Bung Kikal
    Bung KikalBulan Yang lalu

    Iya Sih Emang Susah Banget Gak Mungkin Keluar Dari Kedalaman Sedalam Itu Dan Pasti Bisa Bahaya Ke Orangnya.

  • The- NoyaJKT
    The- NoyaJKTBulan Yang lalu

    RIP my Hero 😢

  • WAN HAMDAN WAN MUSTAFA
    WAN HAMDAN WAN MUSTAFABulan Yang lalu

    Salam Takziah kepada seluruh keluarga Almarhum2 para wira KRI 402 Nanggala.. semoga2 ruh2 almarhum semua dicucuri rahmat Allah.. dan semoga ahli keluarga diberi kesabaran dan ketabahan yang tinggi dalam mengharungi dugaan ini. Perasaan sedih kami sentiasa bersama anda.. Salam ukhuwah dari Gambang Pahang, Malaysia

  • SUIA WIJAYA NENTI
    SUIA WIJAYA NENTIBulan Yang lalu

    😭😭😭😭

  • Sara Layla
    Sara LaylaBulan Yang lalu

    Nagis ku liat anak kecil yg ngunci pintu ayahnya tak boleh pergi bertugas teryata itu bertanda pertemuan dan perpisahan terahir..😥😥😥

  • all about hobbies
    all about hobbiesBulan Yang lalu

    Sekarang mata2 kalian semua bisa melihat..dan menilai...,,,tidak dalam perangpun nyawa kita jadikan taruhan...jadi jangan sampai kalian mengata-ngatai aparat negara...,,,karena kita juga manusia sama seperti kalian.,,punya kilaf.,,,somoga kalian semua bahagia di sisinya para sodaraku.,,,

  • Hussin Sein
    Hussin SeinBulan Yang lalu

    Nomor/angka 402 yg tertera di badan kapal selam tsb memberi maksud/arti....nomor/angka 4...nomor/angka sial n kematian...nomor/angka 0 bermaksud tidak ada seorang pun awak/prajurit yg hidup..n nomor/angka 2 bermaksud ada 2 penyebab terjadinya insiden tsb....salam belasungkawa utk semua awak/prajurit yg telah meninggal dunia....semoga roh mereka tenang di alam sana...n dirahmati oleh Allah 🙏😭😭😭

  • Veri Kusumawati
    Veri KusumawatiBulan Yang lalu

    Semoga khunul khotimah para awak kapal KRI 402 amiiiin

  • Meri Indrawati
    Meri IndrawatiBulan Yang lalu

    Sedih sekali hati ku ....

Berikutnya